Mahasiswa Harus Baca: 10 Tips Menulis Catatan Kuliah yang Efektif

Dibuat oleh Admin Road To PTN - Road To PTN

27 Sep 2020

Mahasiswa Harus Baca: 10 Tips Menulis Catatan Kuliah yang Efektif

Minggir, mahasiswa kesayangan dosen mau nyatet...

Salah satu hasil studi menunjukan bahwa kamu bisa melupakan 90% hal yang kamu pelajari dalam waktu kurang dari seminggu. Dengan mencatat, kamu bisa meminimalisir amnesia mendadak ini. Berikut adalah 10 tips mencatat yang sangat berguna.

1. Jangan mencatat dengan isi kepala kosong, setidaknya bacalah silabus pelajarannya dulu!

Mencatat juga perlu persiapan. Jika kamu belum ada gambaran sekali tentang yang akan kamu pelajari, tentu kualitas catatanmu tidak akan maksimal. Kamu kurang mengerti alur dan definisi penting yang perlu dicatat. Jadi, pastikan belajar dulu yaa sebelum masuk kelas!

2. Tulis tanggal dan judul catatan

Sebagian orang melewatkan untuk menulis tanggal dan judul. Ini penting agar catatanmu makin rapi dan terorganisir untuk dibaca lagi nanti.

3. Metode Cornell, mencatat pelajaran dengan tiga bagian utama

Ada yang namanya metode Cornell, ini adalah salah satu cara mencatat dengan membuat dua kolom. Kolom sebelah kanan kurang lebih 2/3 halaman yang digunakan untuk mencatat poin-poin penjelasan ketika di kelas. Kolom sebelah kiri diisi setelah selesai kelas tentang istilah penting, poin utama dan pertanyaan. Lalu di bawah dua kolom itu ada rangkuman.

4. Buatlah mind mapping agar kamu bisa lebih mudah menangkap gambaran umum catatanmu

Mencatat akan jauh lebih efektif jika kamu sudah bisa membuat mind mapping alias peta konsep. Kamu bisa mengerti bagaimana hubungan konsep yang satu dengan yang lain, mana yang lebih penting untuk diingat. Gambaran umum pelajaran pun lebih jelas, pelajaran tidak sesusah yang dibayangkan.

5. Gunakan berbagai variasi warna dalam mencatat

Mainkan imajinasimu, terutama kamu yang tipikal visual pasti sangat suka dengan permainan warna. Jangan hanya menggunakan bulpen warna hitam, juga gunakan bulpen warna biru dan merah dalam mencatatat. Warna juga bisa menjadi kode, misal warna biru untuk rangkuman dan warna merah untuk kata kunci.

6. Jangan terlalu sering mencatat dengan gadget, tulisan tangan lebih efektif lho!

Hasil riset Universitas Princeton menunjukan bahwa catatan tulisan tangan lebih efektif membuatmu lebih mudah mengingat pelajaran dari pada catatan gadget. Jadi jangan sering-sering mencatat dengan gadget yaa, apalagi cuma foto doang!

7. Gunakan stiker post it untuk menulis catatan di buku

Stiker post it sangat berguna untuk menuliskan catatan penting di buku sekolahmu. Kamu bisa menulis detail penting lalu menempelkannya di sela-sela halaman buku.

8. Kamu bukan lagi bikin novel, jangan terlalu boros dalam mencatat

Boleh sih rajin, tapi ingat yaa jangan semua ucapan pengajar kamu catat. Catatlah yang bagimu penting untuk dicatat. Terlalu sibuk mencatat semua hal justru malah membuatmu tidak fokus memahami penjelasan pengajar, buang-buang kertas juga.

9. Sisakan sedikit ruang kosong di tiap halaman catatanmu.

Jangan menunggu setiap halaman terisi penuh, sisakan sedikit ruang kosong lalu ganti ke halaman baru. Ruang kosong ini berguna untuk tambahan penjelasan di catatanmu nanti.

10. Gunakan bantuan aplikasi smartphonemu!

Sekarang sudah banyak sekali aplikasi yang membantumu lebih efektif dalam membuat catatan. Misal, Aplikasi “Clear” yang membuat kalian bisa saling berbagi catatan sekolah. Ada juga aplikasi “Evernote” untuk membuat catatan secara mudah dan nyaman di smartphone.

IDN Times

+++++
Khusus kedinasan kesini https://www.instagram.com/roadtoptk/

LINE Road To PTN https://line.me/R/ti/p/@afz8450i
Instagram Road To PTN https://www.instagram.com/roadtoptn
Youtube Road To PTN https://www.youtube.com/channel/UCIjJYtU7fnrhGWP3lX9QJKw
Facebook Road To PTN https://www.facebook.com/roadtoptn/
Twitter Road To PTN https://twitter.com/roadtoptn

#Roadtoptn - Mari Memberi Manfaat